Idler


Konstruksi roller (Idler) 

Idler berguna untuk menahan atau menyangga belt.

Menurut letak dan fungsinya maka idler dapat dibagi menjadi :

1. Idler atas (Carry Idler) Merupakan roller pembawa karena terletak dibawah belt yang membawa muatan. Berfungsi sebagai penumpu belt dan sebagai landasan luncur yang dipasang dengan jarak tertentu agar belt tidak meluncur ke bawah.
2.Idler penahan (Impact Idler) yaitu idler yang ditempatkan ditempat pemuatan.


3.Idler penengah (Tracking Idler) yaitu yang dipakai untuk menjajaki agar belt tidak bergeser dari jalur yang seharusnya.


4. Idler bawah (Return Idler) Merupakan roller balik atau roller penunjang belt pada daerah yang tidak bermuatan yang dipasang pada bagian bawah frame.


Komponen roller (Idler) sendiri adalah terdiri dari pipa, rumah bearing, seal, poros, snapring, C-ring, dan bantalan. Susunan komponen tersebut seperti Gambar di bawah ini.

3 komentar :

  1. Pak, saya mendengar istilah Trough, trough training, machined trough in line, return training, transition, return Rubber Convered, dan return belt trough belt. mohon untuk di berikan referensi gambarnya..

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Pak, saya mendengar istilah Trough, trough training, machined trough in line, return training, transition, return Rubber Convered, dan return belt trough belt. mohon untuk di berikan referensi gambarnya..

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke pak, nanti kita berikan referensinya, inti jawabannya adalah model frame yang digunakan, jadi, silahkan ikuti trus perkembangan blog ini..
      cheers.

      Hapus

Silahkan memberikan komentar yang diucapkan secara bijak dan dapat dipahami. Terima Kasih Atas kunjungannya.